SAM POO KONG

Sampookong adalah tempat wisata budaya di semarang yang memiliki gaya bangunan arsitektur China. Sam Poo Kong Di buka untuk umum dari pagi sampai mala



Sampookong adalah tempat bersejarah yang memiliki keindahan bangunan dengan seni  kerjaan China.  Salah satu destinasi wisata budaya di semarang ini merupakan tempat bersejarah untuk mengenang Laksamana Zheng He ( Cheng Ho ) yang sempat berlabuh di utara jawa.

Kelenteng Sampookong dulu bernama Gedung Batu.  Sebab tempat ini merupakan sebuah tempat petilasan. Penamaan Gedung Batu sendiri karena bangunnanya adalah sebuah Goa yang berbentuk batu besar yang berlokasi bukit batu. Namun pada 1704 atau 20 tahun sebelumnya, menurut kabar Goa runtuh akibat tersambar petir.

Tidak membutuhkan waktu yang lama. Karena didalam gua akhirnya ditempatkan patung Sampo berserta anak buahnya dari tiongkok dan kembali dilakukan proses pembangunan.

Karena memiliki arsitektur bangunan china. Banyak dari keturunan china menganggap bangunan tersebut sebagai Klenteng. Di Sampookong sendiri terdapat 4 Klenteng, Diantaranya Klenteng Dewa Bumi, Klenteng Sam Poo Tay Djien, Klenteng Juru Mudi dan Klenteng Kyai Jangkar.

Daya Tarik Wisata Sampookong

Karena memiliki arsitektur bangunan china. Banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Terutama bagi mereka yang masih kerturunan china.  Berikut daya tarik yang destinasi wisata budaya Sam Poo Kong:



1. Gaya arsitektur Bangunan China

Klenteng sampookong memiliki gaya bangunan campuaran dari china dan jawa. Bangunannya mirip dengan joglo yang tidak memiliki sekat dinding dan di bagian atap limasan di memiliki desain khas jawa dengan penopang kontruksi tanpa kuda-kuda. Dari unsur china sendiri terllihat dari warna yang mendominasi yaitu merah. Warna merah sendiri bagi orang china memiliki arti keberuntungan dan beberpa ornamen khas china seperti relief naga, kura-kura dan burung hong yang terdapat pada tiang maupun di atap bangunan.

2. Patung Zheng He

Patung laksaman zheng he memiliki tinggi sekitar 10,7 meter. Keberadaan patung Zheng He membuat klenteng sampookong banyak di kunjungi bagi penganut Tridharma dan pemeluk islam. Bagi pemeluk islam, ia turut membatuk menyebarkan islam di nusantara melalui ekpedisinya,

3. Tempat Pemujaan Sampookong

Tempat untuk sembayang pada sampookong. Dinding bangunan luarnya di hiasai relief perjalanan laksamana Zheng He di abad ke-15 selama 30 tahun yang membuat menarik bagi wisatawan. Berbatuan relief juga didatangkan dari tiongkok sedangkan ukiran dikerjakan seniman bali.

[epcl_custom_ads id="1"]

Jam Operasional

Destinasi wisata ini di buka untuk umum dari pagi sampai malam,  Setiap Hari 08:00 – 22:00.

Tiket Masuk

Harga tiket masuk grand maerakaca terbilang variatif dan terjangkau. Berikut daftar Harga Tiket Masuk Klenteng Sam Poo Kong

Harga Tiket Masuk Klenteng Sam Poo Kong
Jenis TiketTiket UmumTiket Terusan
Senin – Jumat
DewasaRp8.000Rp28.000
AnakRp5.000Rp15.000
Orang Dewasa AsingRp10.000Rp40.000
Anak AsingRp8.000Rp25.000
Sabtu – Minggu & Libur Nasional
DewasaRp12.000Rp30.000
AnakRp8.000Rp15.000
Orang Dewasa AsingRp15.000Rp45.000
Anak AsingRp10.000Rp30.000

Lokasi Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong terletak di Jalan Simongan No.129, Bongsari, Kota Semarang, Jateng 50148. Tempat wisata Sampookong ini mudah di jangkau, Karena lokasinya masih di dekat kota semarang dan daerah lawang sewu.